Kamis, 02 Juli 2015

PROSES PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN PADA NEONATUS , BAYI , BALITA , DAN PRA SEKOLAH

PROSES PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN PADA NEONATUS , BAYI , BALITA , DAN PRA SEKOLAH


Proses priode tumbuh kembang anak
Tumbuh kembang anak berlangsung secara teratur , saling barkaitan dan berkesinambungan yang dimulai sejak konsepsi samapai dewasa . tumbuh kembang anak terbagi dalam beberapa priode . berdasarkan kepustakaan , maka priode tumbuh kembang anak dapat dijelaskan sebagai berikut ;
1.                       Masa prenatal atau masa intra uterin ( masa janin dalam kandungan ).
Masa ini dibagi menjadi 3 priode , yaitu;
a.                        Masa zygot atau mudigah, sejak saat konsepsi sampai umur  kehamilan 2 minggu.
b.                       Masa embrio , sejak umur kehamilan 2 minggu sampai 8/12 minggu. Ovum yang telah dibuahi dengan cepat akan menjadi suatu organisme , terjadi diferesiensi yang berlangsung dengan cepat , berbentuk system organ dalam tubuh .
c.                        Masa janin atau fetus , sejak umur kehamilan 9/12 minggu . sampai akhir kehamilan .
2.                       Masa bayi ( infancy) umur 0 sampai 11 bulan
masa ini dibagi menjadi menjadi 2 priode , yaitu;                                                                              Masa neonatal , umur 0 sampai 28 hari .
Pada masa ini terjadi adaptasi terhadap lingkungan dan terjadi perubahan sirkulasi darah , serta mulai nya berfungsi organ organ . masa neonatal dibagi menjadi 2 priode ;
1.masa neonatal dini , umur 0 sampai 7 hari .
2. masa neonatal lanjut , umur 8 sampai 28 hari .
3. masa post ( pasca ) neonatal , umur 29 hari  sampai 11 bulan . pada masa ini terjadi pertumbuhan yang pesat dan proses pematangan berlangsung secara terus menerus terutama meningkat nya fungsi system saraf . seorang bayi sangat bergantung pada orang tua dan keluarga sebagai unit pertama yang dikenal nya beruntung lah bayi yang mempunyai orangtua yang hidup rukun , bahagia dan memberikan yang terbaik untuk anak pada masa ini.
4.masa anak dibawah 5 tahun ( anak balita , umur 12 – 59 bulan ). 
Pada masa ini kecepatan , pertumbuhan mulai menurun dan terdapat kemajuan dalam perkembangan motorik ( gerak kasar dan gerak halus ) serta fungsi ekskresi .priode penting dalam tumbuh kembang anak adalah masa masa balita . pertumbuan dasar yang berlangsung pada masa balita akan mempengaruhi dan menentukan perkembangan anak selanjut nya. Setelah lahir terutama pada 3 tahun pertama kehidupan , pertumbuhan dan perkembangan sel sel otak masih berlangsung dan terjadi pertumbuhan serabut serabut syaraf dan cabang cabang nya , sehingga terbentuk jaringan syaraf dan otak yang kompleks , jumlah dan pengaturan hubungan hubungan antar sel syaraf ini akan sangat mempengaruhi segala kinerja otak ,mulai dari kemampuan belajar berjalan , menegenal huruf, hingga bersosialisasi .hingga masa balita, perkembangan kemampuan bicara dan bahasa , kreatifitas , kesadaran sosial emosional dan intelegensia berjalan sangat cepat dan merupakan landasan perkembangan berikutnya .perkembangan moral serta dasar dasar  kepribadian anak juga dibentuk pada masa ini , sehingga setiap kelainan atau penyimpanagan sekecil apapun apabila tidak dideteksi apalagi tidak ditangani dengan baik , akan mengurangi kualitas sumber daya manusia dikemudian hari.
5.masa anak prasekolah ( anak mur 60 72 bulan ).

Pada masa ini , pertumbuhan berlangsung dengan stabil ,terjadi perkembangan   dengan aktifitas jasmani yang bertamabah dan meningkatnya keterampilan dan proses berfikir . memasuki masa prasekolah , anak mulai menunjukkan keinginannya , seiring dengan pertumbuhan dan perkembangan nya . pada masa ini , selain lingkungan didalam rumah maka lingkungan diluar rumah mulai diperkenalkan . anak mulai senang bermain diluar rumah . anak mulai berteman , bahkan banyak diluar rumahdengan cara membawa anak ketaman taman kota atau ketempat tempat yang menyediakan fasilitas permainan untuk anak . sepatut nya lingkungan lingkungan tersebut menciptakan suasana bermain yang bersahabat untuk anak ( child friendly environment). Seakin banyak taman kotaatau taman bermain dibangun untuk anak , semakin baik untuk menunjang kebutuhan anak . pada masa ini anak dipersiapkan untuk sekolah , untuk itu panca indra dan system reseptor penerima rangsangan serta proses  memori sudah harus siap sehingga anak mampu belajar dengan baik . perlu diperhatikan bahwa proses belajar pada masa ini adalah dengan cara bermain . orangtua dan keluarga diharapkan  dapat memantau pertumbuhan dan perkembangan anaknya, agar dapat dilakukan intervensi dini bila anak  mengalami kelainan atau gangguan. 


Sumber:

Marni dan Kukuh rahardjo. 2012. Asuhan Neonatus, Bayi, Balita dan Anak Pra sekolah. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

0 komentar:

Posting Komentar